ASEAN Day

Medan, Setiap 8 Agustus, Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN memperingati hari jadinya ke-54. Brunei Darussalam yang menjadi ketua ASEAN pada 2021 ini, mengangkat tema “Kami Peduli, Kami Siap, Kami Sejahtera”.

ASEAN yang dibentuk pada 8 Agustus 1967, muncul saat Perang Dingin yang menghangat. Benang merah lainnya yang menyatukan ASEAN adalah latar belakang sebagai negeri bekas jajahan Barat. Dalam tubuh ASEAN saat itu muncul kesadaran pula mengenai kesetaraan, pentingnya saling membantu dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

Imperialisme dan kolonialisme yang ditanggung rakyat yang ada di Asia Tenggara sangat berat. Dari perasaan senasib itu dan menghadapi tantangan global era Perang Dingin, mendorong sosio-nasionalisme di kalangan ASEAN.

Tema Hari ASEAN 2021 kali ini relevan dengan kondisi saat ini, pandemi Covid-19 masih menjadi masalah kesehatan dan ekonomi yang besar di Asia Tenggara, sementara itu wilayah Asia Tenggara juga terimbas konflik Laut China Selatan. Di sisi lain, terdapat ketegangan politik di dalam negeri di antara anggotanya, yang butuh perhatian ASEAN.

Kepedulian, kekompakan, kerja sama, persahabatan, dan koordinasi menjadi modal kuat ASEAN agar kembali menjadi kekuatan yang signifikan dalam menjaga Asia Tenggara.
_____________

Website : www.ldii.or.id dan www.nuansaonline.net
Youtube: LDII TV
Facebook : Lembaga Dakwah Islam Indonesia
Twitter: @ldii_news
Instagram: @ldii_news

#LDII #LembagaDakwahIslamIndonesia #ldii_news
#ProfesionalReligius #Hikmah #dakwah #ldiiuntukbangsa #pandemicovid19
#asean #aseanday2021 #asiatenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published.