Kemenag Rokan Hulu Resmikan Masjid Baitul Haq, Binaan LDII

 

Rokan Hulu (28/12). Kepala Kantor Kemenag didampingi Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rokan Hulu meresmikan penggunaan Masjid Baitul Haq di RT 026 RW 06 Dusun III Sukajadi Desa Kota Baru Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (21/12/2021).

Pembangunan Masjid yang dimulai sejak bulan februari 2021 lalu, saat ini telah rampung dan siap untuk digunakan. Acara diawali dengan pembacaan Ayat suci Alquran oleh Ustadz Agus Muhammad Mansyur, seorang Muballigh di PAC LDII Kota baru.

H. Wignyo, S.Pd selaku ketua panitia penyelenggara sekaligus Takmir Masjid Baitul Haq dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. “Masjid Baitul Haq tidak akan berdiri tanpa adanya dukungan dari seluruh komponen masyarakat, sejak dilakukannya peletakan batu pertama bulan Februari tahun 2021 lalu oleh anggota DPRD Rohul H. Firdaus bersama Kepala Desa Kota Baru Suminto al Hidayat. Dan selama masa pembangunan nya tidak terlepas dari bantuan warga masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat,” ujarnya.

Ia berharap masjid tersebut dapat menjadi tempat ibadah umat Islam serta pusat pendidikan dan pembinaan dalam membentuk generasi yang alim dan faqih, berakhlakul karimah dan memiliki kemandirian.

Ditambahkan, “ Saat ini Kepala Kantor Kemenag Rohul Drs. H. Afrialsyah Lubis, M.Pd tidak dapat hadir ditengah-tengah kita karena sedang dalam perjalanan keberangkatan menuju Lampung untuk mengikuti Muktamar Nahdlatul Ulama. Kami turut mendoakan semoga pelaksanaan Muktamar ke-34 NU di Lampung dapat berjalan sukses dan lancar,” ucap H. Wignyo yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPD LDII Kabupaten Rokan Hulu.

Dalam kesempatan tersebut, turut ditampilkan seni beladiri pencak silat dari Persinas Asad oleh santri Pondok Pesantren Riyadhul Ulum Ujung Batu yang memukau para tamu undangan.

Selanjutnya Kepala Desa Kota baru yang di wakili oleh Sekdes Sutanto, mengapresiasi peresmian Masjid Baitul Haq. “Kami atas nama pemerintah Desa Kota baru mendukung pembangunan Masjid ini dan mendukung kegiatan LDII. Tugas kedepannya mari kita bersama-sama untuk dapat memakmurkan masjid ini,” ucap Sutanto.

Peresmian Masjid yang berukuran 18 x 18 meter ini ditandai dengan pemotongan pita dan penanda tanganan prasasti oleh Kakan Kemenag Rohul yang diwakili Kepala KUA Kunto Darussalam H. Nurhaibun, S.Hi , didampingi Ketua DMI Rohul H. Yulihesman, S.Ag M.Pd.

Hadir dalam acara tersebut anggota DPRD Rohul H. Firdaus, Ketua Senkom Rohul H. Parlan, S.E, Ketua MUI Kecamatan Kunto Darussalam Ustadz M. Hari Bagja Sianuddin, S.Sos, Babinsa Serka Sudarmin, Bhabinkamtinmas Serma Iswandi, Ketua PK Senkom Kunto Darussalam Rudi Aris Widodo, Ketua KUD, Karang Taruna, Bumdesa, BPD, Kadus, RT/RW, sejumlah ulama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Kota baru.

Sementara dari Jajaran Pengurus DPD LDII Rohul hadir Dewan Penasihat dan Pengurus Harian, Ketua PC LDII Kunto Darussalam H. Sajiyo, Ketua PAC LDII Kota Baru Slamet, S.Pd serta warga LDII Kota baru.

Dalam sambutannya Kakan Kemenag Rohul yang diwakili oleh Kepala KUA Kunto Darussalam H. Nurhaibun, S.Hi memberikan Apresiasi atas pembangunan masjid. “Negara Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas beragama islam, oleh karena itu perlu didukung dengan tersedianya masjid serta sarana dan prasarana lainnya, sehingga warga bisa nyaman untuk beribadah di Masjid. Dan supaya masjid ini dapat terintegrasi dengan layanan kemenag, selanjutnya harapan kami masjid ini bisa segera didaftarkan,” katanya.

Setelah prosesi peresmian Masjid, acara dilanjutkan dengan Tausiyah Agama yang disampaikan oleh Ketua DMI Kabupaten Rokan Hulu H. Yulihesman, S.Ag M.Pd, “Dalam mewujudkan fungsi Masjid, ada 3 hal yang harus kita perhatikan, yaitu Idarah yang berarti pengelolaan masjid, Imarah yang berarti kegiatan dalam memakmurkan masjid dan Ri’ayah yang berarti pengadaan dan pemeliharaan fasilitas masjid. Sehingga setiap orang yang berkontribusi terhadap masjid akan menjadi amal jariyah baginya.”

Menyikapi kemajuan dunia digital saat ini, ketua DMI Rokan Hulu juga mengajak warga untuk tidak terprovokasi dengan berita bohopng, “Mengingat saat ini memasuki era digital, saya mengajak seluruh masyarakat khususnya warga LDII untuk tidak terprovokasi dengan isu atau perdebatan yang beredar di media sosial, karena akan dapat memecah belah umat. Mari terus perkokoh persatuan dan rasa ukhuwah Islamiyah,” jelasnya.

Acara berlangsung tertib dan khidmat, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Kemudian ditutup dengan Doa bersama yang dipimpin oleh Ketua MUI Kecamatan Kunto Darussalam Ustadz M. Hari Bagja Sianuddin, S.Sos.

Oleh: Donal Hidayat (contributor) / Faqihu Sholih (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.