LDII Sumsel Ikuti Pembinaan Pengurus Ormas Se-Sumatera Selatan

PALEMBANG-Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf (Penais Zawa) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan kegiatan  Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengurus Ormas/Lembaga Islam se Provinsi Sumatera Selatan. Beberapa pengurus DPD LDII di Sumatera Selatan turut mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Peninsula, Palembang (27/09/2021).

Kegiatan Pembinaan dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Bidang Penais Zawa Drs. H. Putloro Setiono Hendrik M.Pd.

Dalam arahannya Ka. Kanwil yang diwakili oleh Kabid Penais Zawa mengatakan bahwa kegiatan pembinaan ini merupakan bentuk kepedulian kementerian agama terhadap ormas Islam agar kepengurusan Ormas/Lembaga Islam memiliki manajemen yang baik dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, dan mampu membawa Ormas/Lembaga Islam untuk berbuat dan menjalankan tugas serta fungsinya secara profesional dan proporsional

Saat dikonfirmasi oleh admin Web Bid Penaisia menjelaskan bahwa peserta berjumlah sekitar 59 orang terdiri atas para pengurus Ormas/Lembaga Islam se Provinsi Sumatera Selatan dan dilaksanakan selama 2 hari dari 27 s.d. 28 September 2021. Beberapa pengurus DPD LDII di Sumatera Selatan yang turut serta dalam kegiatan tersebut diantaranya Ir. H. Amat Sarjono (DPD LDII Lahat), H. Mulyanto, S.Pd (DPD LDII OKUT).

Dalam kegiatan pembinaan tersebut panitia dari Bidang Penais Zawa menghadirkan  para Narasumber yang berkompeten yaitu  Ka. Kanwil Kemenag Sumsel dengan materi; Kebijakan Ka. Kanwil Sumsel dalam Pelestarian Ormas Islam, Kabid Penais Zawa dengan materi; Organisasi Keagamaan dan Interaksi Sosial, Instansi Kesbangpol dengan materi; Penguatan Kelembagaan Ormas Islam, MUI Sumsel dengan materi; FKPT dengan materi; Pencegahan Terorisme melalui Ormas Islam, dan dari ICMI Sumsel dengan materi berjudul Kearifan Lokal dan Ormas.

“Banyak hal yang perlu disiapkan untuk mendukung proses terwujudnya SDM yang berkualitas, diantaranya melalui proses pembinaan.  Organisasi masyarakat (Ormas) Islam yang ingin tetap eksis dan memiliki citra positif di mata masyarakat tidak akan mengabaikan aspek pengembangan kualitas SDM pengurus dan anggotanya.” Ujar Putloro.

Ketua DPD LDII Kabupaten Lahat Ir H Amat Sarjono mengatakan materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan sesuai dengan apa yang telah dilakukan oleh LDII selama ini. Menurutnya Pengurus organisasi merupakan panutan bagi setiap anggota ormas tersebut, tentunya upaya peningkatan kapasitas SDM dan peningkatan pengetahuan dan wawasan sangat diperlukan sebagai kebutuhan dalam menjalankan roda organisasi.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kami pengurus ormas islam, ini menjadi wawasan dan semangat baru bagi kami dalam meningkatkan kinerja dalam upaya mendukung program-program pemerintah. Pada prinsipnya LDII sangat mendukung apa yang disampaikan oleh pemateri”, ujarnya. 

Oleh: amat sarjono (contributor) / Achmad Taufiq Akbar (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.