Lestarikan Lingkungan, LDII Tanam 1000 Bibit di Pantai Bunton Cilacap

Cilacap (31/03). PC LDII Kecamatan Adipala menanam 1.000 bibit cemara laut, sebagai upaya mengantisipasi abrasi di pesisir selatan Cilacap. Kegiatan penanaman 1.000 bibit cemara laut yang dipusatkan di Pantai Bunton, Kecamatan Adipala, 25/03.

Kegiatan penanaman ini dilakukan PC LDII Kecamatan Adipala bekerjasama dengan Kelompok Tani Hutan KTH Wana Lestari dan didukung oleh Pemerintah Desa Bunton. Bantuan berupa 1.000 bibit adalah pemberian dari Dinas Kehutanan Wilayah VI Provinsi Jawa Tengah.

 

Menurut Ketua PC LDII Sugino, penanaman 1.000 bibit pohon cemara laut tersebut untuk menahan potensi abrasi di daerah pantai. “Ini sangat penting untuk kita semua dalam rangka menjaga kondisi lingkungan. Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk kita semua dan sebagai wujud warga LDII dalam 8 bidang pengabdian LDII. Serta membantu pemerintah untuk mencegah pemanasan global dan efek rumah kaca. Kami juga berharap area ini bisa makin hijau lestari dan menjadi daerah wisata Desa Bunton,“ ujar Sugino.

Cemara laut atau cemara udang (Casuarina equisetifolia) menurut Sugino dapat meningkat produktivitasnya dan mendatangkan keuntungan bagi masyarakat. Pemanfaatkan cemara laut diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat pesisir. “Cemara laut merupakan jenis tanaman khas pantai yang potensial untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah (RLKT) pantai berpasir. Jenis ini mampu menahan angin laut dan uap air laut yang mengandung garam, sehingga mampu mendorong perbaikan lingkungan,” ungkap Sugino.

Lebih lanjut Sugino menambahkan bahwa penanaman tanaman cemara laut adalah salah satu teknik konservasi tanah secara vegetatif dan bersifat permanen. Teknik ini berhasil diterapkan di Kebumen, Sumenep dan lainnya dengan partisipasi aktif warga. “Kita berharap dengan adanya cemara laut meningkatkan agregasi perkembangan struktur tanah karena memperbesar granulasi dan porositas tanah, memperbaiki unsur hara  dan meningkatkan kadar air tanah di bawah tegakan,” harap Sugino.

Kepala Desa Bunton Sudin yang mengikuti kegiatan ini juga memberikan apresiasi atas inisiatif warga menanam pohon di wilayahnya. “Lingkungan tempat kita hidup harus kita jaga. Ini adalah tanggung jawab kita semua, baik pemerintah, instansi terkait maupun warga. Mari kita gencarkan penanaman pohon dan kita jaga lingkungan hidup,” kata Sudin.

Oleh: Aditya S (contributor) / rully kuswahyudi (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.