Generus LDII Pemalang Pilah Pilih Sampah

Pemalang (22/9). Dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD) Indonesia tahun 2022 yang berlangsung dari tanggal 10-25 September 2022, Generasi Penerus usia caberawit PAC LDII Petarukan melaksanakan edukasi tentang kategori sampah di mana secara umum terbagi menjadi 3. Kategori pertama adalah sampah organik yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, daun, sisa makanan dan sejenisnya. Kategori kedua adalah sampah non-organik yang terdiri dari logam, plastik, kertas, kaleng dan sejenisnya. Sedangkan yang terakhir adalah sampah B3 yang terdiri dari sampah bekas masker, popok, obat-obatan dan lain-lain.

Menurut Sabila selaku Dewan Pembina PAC LDII Petarukan, kegiatan edukasi ini sangat penting bagi generasi penerus usia caberawit. Anak-anak sejak dini mendapatkan pengetahuan bahwa membuang sampah pada tempatnya harus diimbangi dengan pengetahuan dan wawasan tentang sampah sesuai dengan kategori/jenisnya. “Kita ingin mengedukasi kepada anak-anak usia caberawit bahwa kebiasaan baik membuang sampah pada tempatnya tidaklah cukup. Namun harus diimbangi dengan pengetahun tentang jenis-jenis sampah sehingga memudahkan kita dalam penanganannya”, tutur Sabila.

 

Selain itu, kegiatan edukasi kali ini juga bertujuan menumbuhkan rasa kepekaan terhadap kebersihan lingkungan sekitar. Jangan sampai mereka acuh ketika melihat tempat menuntut ilmu yang setiap sore mereka tempati kotor karena sampah. “Setelah diberikan pengetahuan mengenai sampah dan kategorinya, selanjutnya anak-anak kita latih untuk peka terhadap lingkungan sekitar dengan cara memungut sampah yang ada di sekitar TPQ”, terang Sabila.

Di akhir sesi kegiatan, sampah yang telah terkumpul kemudian dipilah dan dipilih untuk kemudian ditaruh sesuai dengan kategori apakah organik, non-organik atau B3.

 

Oleh: Sabila Esfandiar (contributor) / rully kuswahyudi (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.