LDII Jember Kumpulkan Sampah di Pantai Papuma

Jember (22/9). Dalam rangka mendukung program World Cleanup Day International, ratusan pemuda LDII mengadakan aksi pungut dan pilah sampah yang ada di Pantai Papuma, Jember, 18/9. Acara dihelat LDII Kab.Jember bekerja sama dengan TNI, Senkom Mitra Polri dan beberapa relawan penggiat lingkungan.

Ketua DPD LDII Kabupaten Jember Akhmad Malik Afandi menuturkan pentingnya kita mencintai dan menjaga kebersihan lingkungan karena Nabi Muhammad telah memerintahkan kepada kita bahwa kebersihan itu sebagian daripada iman. Artinya orang iman itu identik dengan hidup bersih dan senang dengan lingkungan yang bersih.

Selain itu, Malik menambahkan bahwa kegiatan ini juga serentak dilakukan di 54 titik kegiatan LDII se-Kabupaten Jember baik di masjid, pondok pesantren, kantor dan sekolah binaan LDII. “Khusus di pantai papuma kita berhasil mengumpulkan setengah ton sampah yang terdiri atas sampah organik dan anorganik. Sengaja kami memilih Papuma karena pantai ini sebagai ikon destinasi wisata Kabupaten Jember. Kita ingin kawasan wisata bersih, maka pengunjung akan banyak berdatangan, nyaman dan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi,” ujar Akhmad Malik.

Sementara itu Komandan Rayon Militer Kecamatan Wuluhan, Peltu Iwan memberi apresiasi kepada upaya yang dilakukan oleh LDII karena akan sangat membantu tugas pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah. “Sesungguhnya tugas ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan menjadi tanggung jawab bersama sebagai elemen bangsa. Mari jaga kebersihan lingkungan kita. Dimulai dari lingkungan sekitar, dimulai dari diri kita sendiri dan dimulai dari sekarang,” tegas Iwan.

Oleh: Akhmad Malik Afandi (Jember) (contributor) / rully kuswahyudi (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.