LDII Lampung Timur Silaturahim dengan Balitbang Kemenag RI

Lampung Timur (1/8). Bertempat di Sekretariat Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kabupaten Lampung Timur pada tanggal 5 Juni 2021 Pengurus DPD LDII Lampung Timur, Drs. Hi. Heri Susanto, M.Si., (Ketua) dan Suwarno, S.Ag (Dewan Penasehat) bersilaturahim dengan Badan Litbang Kemenag RI Hi. Ibnu Hasan Mukhtar, yang sedang melaksanakan tugas melakukan survei tentang moderasi kerukunan umat beragama di Kabupaten Lampung Timur.

Dalam arahannya, Hi. Ibnu Hasan Mukhtar menyampaikan LDII harus lebih meningkatkan hubungan vertikal dan horizontal serta ikut aktif dalam berbagai kegiatan keagamaan yang bersifat social kemasyarakatan, lebih inklusif, dan bisa menjalankan amanah Munas ke 9, yang telah berhasil memilih Ketua Umum Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc.

Kami telah banyak melihat keberhasilan LDII di daerah-daerah, dalam membangun umat untuk bisa berkontribusi kepada pemerintah di tingkatannya masing-masing. Apalagi dengan kegiatan ibadah kurban saat Idul Adha, luar biasa, bisa menyembelih hewan kurban yang bernilai trilliunan dan membagikan kepada masyarakat sekitar.

Dewan Penasehat DPD LDII Lampung Timur Suwarno, S.Ag., juga menyampaikan kontribusi LDII terhadap bangsa, yang disebut 8 Pilar Kontribusi LDII untuk bangsa yaitu: 1. Wawasan kebangsaan, bahwa ulama LDII selalu mendorong Pancasila sebagai dasar negara. 2. Dakwah Islam bahwa, LDII berhasil membentuk karakter warganya agar menjadi umat Islam yang muttabi. Generasi muda LDII dibentuk menjadi sosok yang berilmu dan paham akan ilmu tersebut (alim-faqih), berakhlak mulia dan memiliki kemandirian atau disebut Tri Sukses. 3. Pendidikan umum, bahwa LDII mendefinisikan Sumber Daya Manusia (SDM) profesional religius yang ideal dengan Tri Sukses. 4. Ekonomi Syariah, bahwa warga LDII mengembangkan Baitul Mal wa Tamwil (BMT) dan Bank Pembiayaan Syariah (BPRS). 5., Pertanian dan lingkungan hidup, bahwa kiprah LDII menata lingkungan dalam program Go Green sejak 2007 di Jawa Tmur hingga saat Ini dan di berbagai wilayah. 6. Kesehatan dan pengobatan herbal, karena dinilai sebagai alternatif untuk biaya kesehatan yang lebih murah. 7. Informasi dan Teknologi, yakni dengan memelopori usaha di bidang digital printing 3D dan hasil karyanya sempat dipamerkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LDII 2018. LDII mendorong warganya mampu memanfaatkan revolusi 4.0 sebagai modal meningkatkan produktivitas usaha. 8. Energi Baru Terbarukan, yakni LDII mendukung pemerintah Indonesia yang telah menandatangani Paris Agreement 2016. Salah satu contohnya Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri memanfaatkan sel surya untuk mencukupi kebutuhan listrik di pondok pesantren tersebut.

Hi. Ibnu Hasan Mukhtar juga berterima kasih atas bantuan DPD LDII Lampung Timur, yang telah berkontribusi kepada Badan Litbang Kemenag RI dalam berpartisipasi menyukseskan survei tentang moderasi kehidupan umat beragama di Lampung Timur. Kami juga berterima kasih kepada Pengurus MUI Lampung Timur, bahwa kepengurusan masa khidmat 2021-2026 ini bisa mengakomodir dari semua umat Islam yang ada di Lampung Timur.

Sebagai contoh Dewan Pertimbangan H. Selamet Subagyo dari LDII, Wakil Ketua MUI Lampung Timur H. Sutopo dari LDII, Sekretaris 1 Suwarno, S.Ag dari LDII, Bendahara Umum Drs. Heri Susanto, M.Si., dari LDII dan komisi-komisi diisi oleh LDII, NU dan Muhamadiyah.

Insya Allah ke depan MUI ini akan lebih berkontribusi dan bisa berkolaborasi dengan pemerintah Lampung Timur dan bisa mengayomi umat Islam yang ada di Lampung Timur. Ikut hadir dalam silaturrohim ini Ketua Umum MUI Lampung Timur H. Hasan Basrie, SE Sekretaris Umum Andi Sanjaya, Lc. Dan H. Arif dari Muhamadiyah Lampung Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.